Your BEST solution for Flowers, Parcels, and Decorations!
Freshly harvested from our farm & imported directly from other countries

Image Alt

Yulika Florist

Filosofi dan Makna Bunga Baby Breath

Jika ada bunga yang tepat untuk melambangkan cinta sejati, kemurnian, ketulusan dari cinta abadi, bunga baby breath mempunyai arti itu, sehingga tidak aneh bunga ini sering digunakan sebagai bunga tangan atau buket pada resepsi pernikahan dan dijadikan sebagai pelengkap hiasan acara tersebut. Bunga baby breath sering digunakan bersama dengan bunga mawar memiliki arti cinta yang kuat. Bunga yang banyak digunakan adalah bunga berwarna putih, meski ada bunga yang berwarna putih dengan sedikit warna merah muda. Bunga baby breath ini berukuran kecil dan sangat indah dan jika diterjemahkan artinya adalah bunga nafas bayi, mungkin sebuah filosofi yang berarti kesucian juga kepolosan.

Gypsophila paniculata yang lebih dikenal dengan sebutan Baby’s breath merupakan tanaman hias yang berasal dari Eropa Timur. Ada sekitar 55 spesies Gypsophila yang ditemukan di Eropa, Asia, dan Mediterania Timur. Tanaman ini termasuk dalam Caryophyllaceae yang merupakan sejenis bunga anyelir. Habitat alaminya adalah stepa, tempat berpasir dan berbatu, maupun tanah berkapur.

Bunga ini berasal dari Eropa Timur dan Eropa Tengah dan tersebar luas ke negara lainnya. Bunga ini sangat populer sebagai tanaman hias perkebunan, bahkan di negara Peru bibit bunga baby breath  ini dibudidayakan dan bunganya  dijadikan komoditas bunga ekspor karena banyak sekali florist yang menggunakan bunga ini terutama karena banyaknya permintaan untuk acara pernikahan, sehingga bunga jenis ini memiliki penghargaan sebagai bunga pilihan untuk acara pernikahan yang berlangsung di perkebunan. Bunga baby breath memiliki waktu mekar bunga yang cukup lama, baby breath dapat mekar dari awal musim semi hingga akhir musim gugur, waktu tumbuh bunga ini juga hanya memerlukan 8 sampai 12 minggu dari bibit bunga baby breath menjadi bunga yang bermekaran.

Bunga klasik ini biasa dipakai sebagai pengisi korsase, buket, dan rangkaian bunga lainnya karena bunga baby breath ini dipercaya memiliki simbol yang melambangkan kesucian, ketulusan, dan kebahagiaan. Itulah yang menjadi alasan utama mengapa florist sering mengkombinasikan bunga ini bersama dengan mawar untuk menyatakan simbol teramat kuat cinta sejati. Makna dari bunga baby breath adalah innocent. bunga ini memiliki waktu mekar yang sangat panjang yaitu  yang berlangsung dari awal musim panas ke musim gugur awal di kebanyakan daerah. paling baik ditanam berkelompok, dan dari benih ke bunga dalam 8 sampai 12 minggu. bunga ini memiliki dua jenis warna yaitu putih dan pink. Baby breath juga sering digunakan dalam hiasan bunga untuk pernikahan.

Bunga baby breath cocok sebagai bunga untuk musim panas. Cara menanamnya tidak begitu sulit, jika anda memiliki bibit bunga baby breath cukup perlakukan sama yaitu dengan menyimpan bibit itu ke media basah seperti kapas yang dibasahi air, simpan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung, dan apabila sudah berkecambah dapat dipindahkan ke tanah dan diperlakukan perawatan, umumnya bunga ini bisa mencapai tinggi hingga kurang lebih 1,2 meter, pohonnya lebar dan pada pohon terdapat percabangan yang berupa gundukan yang dipenuhi bunga putih seperti awan. Jika anda tertarik anda bisa menjadikan bunga baby breath ini sebagai penghias kebun anda.

 

Ketika orang pertama kali menyebut gypsophila, bunga yang pertama kali muncul di pikiran adalah bunga Baby breath (Gypsophila paniculata), barangkali karena spesies yang paling terkenal dari genus Gypsophila adalah si baby breath ini.

Gypsophila sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu gypsum artinya gipsum (mineral berupa batu putih yang terbentuk akibat endapan air laut) sedangkan philios artinya mencintai, sehingga artinya kurang lebih “mencintai gipsum” merujuk pada referensi bahwa tanaman ini tumbuh di tempat yang kaya akan substrat gipsum.

Gypsophila merupakan genus tanaman hias bunga yang termasuk dalam famili anyelir, Caryophyllaceae. Terdapat sekitar 150 spesies yang membentang dari Eropa Tengah dan Timur hingga ke Asia. Habitat aslinya di padang rumput, tanah berpasir dan kering.

Bagi Anda yang sering memesan atau mengirim bunga sudah pasti familiar dengan bunga kecil yang selalu ditemukan dalam karangan bunga yaitu baby breath. Bunga ini biasa digunakan sebagai filler dalam karangan bunga. Baby breath menjadi pilihan yang tepat karena mempunyai waktu mekar yang sangat lama.

Johan Amman, seorang ahli botani Swiss-Rusia mengirim contoh tanaman ini dari St Petersburg. Di sepanjang perjalanan ke Linnaeus, baby breath dengan cepat menjadi populer dan dibudidayakan di negara-negara lainnya seperti Peru, bahkan sebagian besar hasil ekspor Peru adalah bunga baby breath ini.

Awal tahun 1990-an, baby breath selalu menjadi pilihan para florist untuk diselipkan di antara bunga lainnya dalam buket bunga. Rasanya kurang lengkap tanpa keberadaan baby breath pada setiap buket bunga. Selain dijadikan tambahan dalam buket bunga, baby breath juga sering ditemukan sebagai dekorasi dalam vas di atas meja saat acara pernikahan. Ia juga populer dijadikan mahkota bunga yang disematkan di sela-sela rambut wanita.

Arti dan Makna Bunga Baby Breath

Banyak orang yang mengagumi bunga ini tanpa tahu makna dibaliknya. Berikut arti dan makna bunga baby breath:

  • Bunga berwarna putih kecil-kecil ini melambangkan cinta abadi. Tidak hanya untuk pasangan kekasih tetapi juga keluarga dan sahabat.
  • Melambangkan kemurnian dan kebebasan dari pengaruh luar dan lahirnya seroang bayi baik laki-laki maupun perempuan.
  • Bunganya yang putih kecil mewakili perasaan tulus dan murni yang harus dimiliki sepasang pengantin saat upacara pernikahan.
  • Selain sebagai lambang pernikahan, baby breath secara tradisional juga diberikan kepada ibu, setidaknya terdapat satu atau dua tangkai baby breath dalam karangan bunga tersebut.
  • Warna pink digunakan dalam merayakan kelahiran bayi perempuan atau digunakan untuk mengirim pesan kepada orang yang disukai sebagai isyarat kekaguman.
  • Warna kuning membawa makna cahaya dan sukacita, sering juga digunakan dalam dekorasi pengantin dan bunga potong dalam ruangan.

Gypsophila adalah tanaman annual dan perennial yang tumbuh dengan akar tunggang yang tebal atau caudex bercabang. Batangnya tegak dan bercabang banyak dan beberapa spesies membengkok ke tanah. Tiap bunganya yang berukuran kecil memiliki bunga berbentuk cangkir dan memiliki lima tepal dalam nuansa putih dan pink.

Baby breath tidak sekedar memiliki makna cinta abadi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kekuatan penderita leukimia untuk memerangi pengaruh obat-obatan.

Beberapa spesies sengaja dibudidayakan secara komersial dan untuk kegunaan lain seperti bahan pembuatan jamu dan makanan seperti pelengkap aroma pada es krim dan keju. Kandungan saponin yang dimilikinya digunakan dalam banyak hal termasuk produksi film fotografi. Ia juga mengandung sifat detergen yang berguna sebagai sabun dan sampo.

Mengapa Yulika Florist?

Yulika Florist menyediakan berbagai rangkaian bunga seperti :
Bunga papan, hand bouquet, flower box, special flower, standing flower, table bouquet, cake, dan lain-lain. Dapatkan promo-promo terbaru dengan pesan bunga mudah dan cepat hanya di Yulika Florist. Say it with flowers!

 

 

WhatsApp chat