Your BEST solution for Flowers, Parcels, and Decorations!
Freshly harvested from our farm & imported directly from other countries

Image Alt

Yulika Florist

Mengenal Lebih Dekat Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki makna dan filosofi tersendiri. Filosofi bunga matahari tersebut memiliki arti kesetiaan. Karena penampang bunga ini selalu setia mengikuti arah matahari bersinar. Dia juga memiliki warna kuning yang identik dengan arti kehangatan dan kebahagiaan. Bunga matahari termasuk dalam tanaman semusim dari suku kenikir. Bunga matahari biasanya dapat dimanfaatkan dengan diambil minyaknya, dapat juga digunakan sebagai bahan pangan yaitu biji kwaci, dapat juga dijadikan pakan ternak dan pupuk serta untuk hiasan taman.

Bunga Matahari merupakan jenis bunga majemuk yang terdiri dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada tongkolnya. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yaitu selalu mengikuti arah sinar matahari. Sifat inilah yang mengawali filosofi bunga matahari tersebut, dihubungkan dengan kesetiaan. Selain itu bunga ini juga menjadi bagian bunga nasional Ukraina dan menjadi bunga resmi negara dibagian Kansas, Amerika Serikat.

Bunga yang mempunyai nama latin Helianthus annus L ini merupakan tumbuhan satu musim yang saku suku dengan kenikir – kenikiran atau dalam nama latin Asteraceae dan lebih dikenal sebagai tanaman hias dan ju

 

ga penghasil minyak. Bunga dari tanaman tersebut juga sangat khas yaitu berwarna kuning terang, besar karena diameter dari bunga ini dapat mencapai 30 cm.

Selain itu bunga ini juga tersusun dari ribuan bunga – bunga kecil pada satu bongkol atau satu bunga besar. Bunga matahari memang memiliki perilaku yang unik yaitu helioyropisme atau bunganya selalu menghadap kearah matahari. Namun karena perilaku itulah yang dapat mengurangi produksi minyak dan memakan banyak energi sehingga harus disingkirkan. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bunga matahari, kamu bisa membaca penjelasan dibawah ini.

Filosofi Bunga Matahari

Mengapa dinamakan bunga matahari? Karena ia selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari bergulir. Jika diperhatikan saat pagi hari bunga matahari akan menghadap ke timur, dimana matahari terbit. Dan kemudian akan seiring  mengikuti matahari kearah barat dimana matahari terbenam. Sifat dari bunga matahari memberikan arti kesetiaan yang patut dijadikan contoh akan arti dari sebuah kesetiaan. Setia dan patuh pada kodratnya tanpa ada protes.

Bunga matahari memiliki filosofi kesetiaan dimana ia selalu setia mengikuti arah matahari dan warna kuning identik dengan arti kehangatan dan kebahagiaan.

Tanaman bunga matahari merupakan jenis bunga majemuk yang terdiri ratusan hingga ribuan bunga kecil dalam tongkolnya. Bunga matahari memiliki prilaku khas yang selalu mengikuti arah matahari. Bunga matahari menjadi bunga nasional Ukraina dan menjadi bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Arti bunga matahari – Bunga ini dinamakan bunga matahari karena selalu setia mengikuti kemana arah matahari bergulir. Jika anda memperhatikan bunga matahari pada pagi hari maka dia akan menghadap ke timur, dimana matahari terbit dan kemudian akan terus mengikutinya seiring pergerakan matahari kearah barat, dimana matahari terbenam. Sifat dari bunga matahari ini memberikan arti kesetiaan yang patut untuk dijadikan pedoman akan arti sebuah kesetiaan. Setia dan patuh akan kodratnya tanpa adanya protes.

Siklus bunga matahari memang tidak lama. Dia cepat sekali berbunga indah, tapi hanya bersemi sekilas untuk kemudian segera gugur. Bagiku bunga matahari adalah simbol semangat dan keceriaan. Tapi bukan cepatnya layu itu yang menjadi perhatianku melainkan bagaimana bunga itu begitu cepat bersemi diusia muda. Seolah-olah aku dihadapkan pada semangat dan impianku menjadi seorang penulis yang sering kali timbul tenggelam.

Semoga semangat itu bisa muncul lagi, yang ingin aku tiru dari bunga itu adalah keceriaannya dan semangatnya, bukan cepat layunya. Kelak aku pasti bisa mewujudkan impianku. Bersemi dengan cepat, memberi semangat, inspirasi dan keceriaan.

 

Karakteristik Bunga Matahari

Tentunya bunga matahari punya ciri – ciri khas yang berbeda terhadap bunga – bunga lainya. Tumbuhan terna ini asli berasal dari Amerika Tropik bagian utara yang umumnya memiliki tinggi 3-5 cm tergantung varietasnya. Daunya berbentuk tunggal, batangnya ditumbuhi rambut kasar dan jarang sekali ditemukan adanya percabangan pada batangnya. Pada bunganya sendiri tersusun secara majemuk. Sedangkan tipenya ada 2 yakni bunga tepi dan bunga tabung.

Di bagian bunga tepi (bunga lidah) dapat membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah sedangkan pada bagian bunga tabung yang fertil mampu menghasilkan biji. Di hari cerah, biasanya bunga anggrek akan mengikuti pertumbuhan ke arah matahari dan dari sinilah nama tersebut berasal. Dengan adanya kecukupan sinar matahari, sudah pasti fotosintesinya berlangsung efektif sampai mendapat keuntungan 10% lebih banyak.

Buahnya mempunyai tipe buah kurung (achene) dalam artian bahwa dilihat dari luarnya nampak kering namun berdinding keras dan tak terlalu tebal.  Maka tak heran bila masyarakat di sekitar mengir kalo itu adalah “biji” bunga matahari karena memang agak sulit membedakannya dengan biji aslinya. Bila kamu ingin tahu biji sesungguhnya, cobalah sesekali melihatnya di bagian yang terlindungan oleh buahnya (mirip tempurung).

Habitat Bunga Matahari

Habitat asli bunga matahari sebenarnya sangat menyukai area tanah yang subur serta hangat. Jadi tumbuhan ini cocok sekali ditanam di daerah subtropik. Berdasar sumber bila kamu menanamnya di dataran tinggi maka hasilnya pun akan jauh berbeda bahkan pertumbuhanya tidak mampu sesempurna saat ditanam di tempat subtropik.

Disisi lain, seperti daerah beriklik sedang misalnya Eropa, hanya mampu ditanamam saat musim semi hingga musim gugur saja. Itupun harus terhindari dari frost. Tapi bagi para pembudidaya bunga matahari masih dapat tumbuh di beberapa iklim tertentu selain subtropik asalkan bisa merawat dan menjaga pertumbuhanya.

Manfaat Bunga Matahari

Untuk manfaatnya sendiri, pasti kamu sudah tahu bukan? Selain dapat digunakan sebagai dekorasi rumah atau tanaman hias, biji bunga matahari ternyata telah lama dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat. Berikut beberapa manfaat dari bunga matahari:

1.Penghasil Minyak

Bunga matahari dibudidayakan untuk diambil minyak biji bunga matahari. Kelompok ini memiliki jenis bunga dengan cangkang biji tipis. Dengan kandungan minyak sekitar 48 hingga 52%  jadi untuk menghasilkan 1 liter minyak dibutuhkan sekitar 60 tandan bunga majemuk.

2. Pupuk Kompos

Batang, daun dan serbuk sari bunga matahari dikatakan mengandung fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Nutrisi ini bisa bertahan lama, terutama saat tanah berkurang  kondisinya.Batang bunga matahari muda (yang mudah terurai) dipanen dan dimasukan ke dalam kompos. Satu hektar bunga matahari liar dapat dengan mudah menghasilkan 50-60 ton mulsa untuk pupuk, setiap 60 hari.

3. Tanaman Hias

Jenis bunga ini biasanya memiliki warna yang bervariasi dan memiliki banyak cabang dan bunga. Ada yang menaruhnya di vas atau pot tanaman hias. Namun ada juga yang memotongnya dan menjadikannya karangan bunga papan atau buket bunga.\

4. Biji Kuaci

Saat bunga matahari dipanen, bisa juga diambil khusus bijinya dan diolah menjadi kuaci untuk dijadikan sebagai makanan ringan. Cemilan kuaci populer di kalangan anak muda. Sebenarnya makan biji kuaci ini cukup melelahkan karena isi kuacinya sedikit dan repot karena harus mengupasi kulit bijinya satu per satu. Namun disitulah asyiknya

 

Nah, bagi kamu yang mencari toko bunga online dengan pemesanan yang mudah dan cepat,  Yulika Florist solusinya!

Mengapa Yulika Florist?

Yulika Florist menyediakan berbagai rangkaian bunga seperti :
Bunga papan, hand bouquet, flower box, special flower, standing flower, table bouquet, cake, dan lain-lain. Dapatkan promo-promo terbaru dengan pesan bunga mudah dan cepat hanya di Yulika Florist. Say it with flowers!

 

 

 

WhatsApp chat