fbpx

Your BEST solution for Flowers, Parcels, and Decorations!
Freshly harvested from our farm & imported directly from other countries

Image Alt

Yulika Florist

Macam Macam Bunga Yang Identik Dengan Pernikahan

Salah satu hal terpenting ketika menyiapkan acara pernikahan adalah mendekor lokasi acara pernikahan Anda dengan hiasan yang indah seperti bunga.

Bunga dengan beragam jenis dan bentuk akan sangat indah bila dijadikan dekorasi pernikahan. Anda dapat berkreasi dengan menggunakan bunga sebagai dekorasi pelaminan, backdrop foto sampai hiasan gantung.

Tapi selain sebagai dekorasi, penggunaan bunga yang sangat penting lainnya adalah sebagai buket bunga pernikahan. Buket bunga pernikahan tidak hanya sebagai hiasan tapi juga dapat membuat penampilan mempelai wanita lebih anggun dan cantik.

Nah, bagi Anda yang hendak menikah dan masih menentukan jenis bunga apa yang akan menjadi pilihan dalam penikahan Anda, Kami akan rekomendasikan 9 jenis bunga bunga pernikahan terpopuler berikut ini.

Setiap negara memiliki bunga wedding yang berbeda-beda, tetapi saat ini kita akan membahas mengenai bunga pernikahan yang biasa digunakan di Indonesia.

Bunga Yang Identik Dengan Pernikahan

1.Secara tradisional, bunga yang sering digunakan di pernikahan Indonesia, yaitu bunga Melati

Bunga melati untuk dikreasikan sebagai hiasan pengantin dan ritual dalam pernikahan. Sedangkan secara modern, bunga mawar menjadi hadiah hari jadi atau anniversary pasangan suami – istri yang telah sah. Bunga Melati sebagai bunga nasional Indonesia mempunyai wangi yang sangat khas. Bunga melati  juga memiliki arti bunga sebagai tanda kesucian pernikahan dan kemurnian dari kedua pasangan pengantin tersebut. Pemakaian melati dalam upacara pernikahan juga tak lepas dari makna di balik bunga tersebut. Bunga melati melambangkan kesucian, keanggunan dan ketulusan.

Meski bunga ini memiliki ukuran yang kecil, namun aromanya amat semerbak yang menjadikan bunga ini sebagai lambang keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati.

Sedangkan dalam sejarah, buga melati kabarnya kerap kali dikaitkan dengan Haryo Panangsang, sosok ksatria yang pantang menyerah yang menggunakan ronce melati pada kerisnya.

 

2. Bunga mawar merah dan mawar putih

Tahukah kamu? Ternyata bunga mawar berwarna merah memiliki arti kekaguman dan rasa cinta yang menggebu-gebu terhadap seseorang.

Jika kamu menerima rangkaian buket bunga mawar berwarna merah, berbahagialah karena seseorang tersebut sangat mencintaimu. Selain mawar merah, kamu juga dapat menggunakan mawar putih untuk perpaduan warna dekorasi pernikahan atau buket bunga.

Mawar putih melambangkan suatu rasa cinta yang murni dan suci. Jika kamu memutuskan untuk memilih bunga mawar untuk dekorasi ataupun buket tangan pernikahan mu, bunga mawar pilihan yang mengagumkan, karena maknanya yang begitu dalam.

Selain itu bunga mawar juga menjadi lambang dari cinta yang membara antara pengantin pria dan wanita yang dapat diwakilkan dengan bunga mawar merah. Sedangkan untuk melambangkan kesucian dan keperawanan dengan bunga mawar putih.

3. Bunga Krisan atau Seruni yang relatif murah dan mudah didapatkan

Keunikan bunga krisan ada pada mahkotanya yang mirip bunga Matahari dan warna yang beragam. Sejarahnya bunga krisan sudah ditemukan di Cina sejak 2500 tahun lalu. Dari segi maknanya sesuai Feng Shui, bunga Krisan memiliki makna keceriaan, optimis, dan  dipercaya membawa kebahagiaan dan tawa di dalam keluarga.

Sedangkan dari segi bahasa bunga krisan diambil dari bahasa Yunani, chrysos yang berarti emas dan anthos yang berarti bunga. Bunga cantik dengan berbagai macam warna ini memiliki aroma yang kuat. Dalam budaya Cina, Bunga Krisan atau bunga seruni digunakan sebagai simbol pemersatu dan banyak digunakan dalam pernikahan warga negara Tionghoa atau keturunan Tionghoa.

 

4. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek sebagai lambang keistimewaan antara kedua pihak dan menjadi salah satu bunga favorit dan khas Indonesia. Bunga Anggrek ini juga termasuk dalam bunga lokal pernikahan yang paling mahal untuk digunakan dalam hari spesial ini. Misalnya harga 1 tangkai mawar Rp. 5.000,- dan harga 1 tangkai anggrek bisa sekitar Rp. 150.000,- per pot.

Alasan lain mengapa bunga anggrek kerap kali dijadikan sebagai bunga untuk buket bunga, karangan bunga, sampai dengan dekorasi pada tempat resepsi pernikahan adalah bunga anggrek cocok dikombinasikan dengan bunga lain. Anda bisa memadukan bunga anggrek dengan peony, mawar, tulip, gardenia, sampai dengan eceng gondok.

 

5. Bunga Lily

Selama zaman Victoria, setiap orang menggunakan bunga untuk mengungkapkan perasaan yang tidak bisa diutarakan atau diucapkan. Saat ini, bunga lily bakung tetap menjadi pilihan favorit bagi pengantin wanita yang menyukai warna putih lembut yang bisa diartikan kehidupan baru dalam kesucian.

Beragam macam bunga lily dengan makna yang tersimpan berbeda-beda, berikut adalah arti bunga lily pada setiap warnanya :

  • Bunga Lily Putih : Ketulusan, kemuliaan, pengabdian, rasa simpatik, dan kehidupan baru
  • Bunga Lily Kuning : Persahabatan. Namun apabila Anda memberikan bunga lily kuning ini secara berlebihan, bunga ini akan mewakili perasaan yang sedang tertekan/depresi atau kepalsuan
  • Bunga Lily Merah : Kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah
  • Bunga Lily Orange : Kebencian, penghinaan, dan kebohongan

Setelah mengetahui sejarah dan arti bunga lily, Anda dapat dengan percaya diri memberikan hadiah bunga lily sesuai pesan yang Anda ingin sampaikan pada seseorang dengan diwakili oleh warna dari bunga lily itu sendiri.

 

6. Bunga DaisyGerbera

Bunga Daisy / gerbera merupakan bunga yang ekonomis tidak terlalu mahal, bunga daisy ini membawa aura ceria dalam wedding Anda. Bunga cantik ini dapat digunakan dalam segala acara. Apabila digunakan dalam pernikahan, bunga ini memiliki makna bunga sebagai ” berbagi rasa ” yang cocok untuk para pengantin.

Nama aster atau daisy berasal dari kata ‘day’s eyes‘, karena bunga ini mekar pada siang hari dan menutup pada malam hari. Bunga yang cantik namun terkesan sederhana ini termasuk dalam keluarga bunga matahari, dan memiliki arti kemurnian dan kepolosan. Bunga ini juga melambangkan cinta, kecantikan, keindahan dan kesabaran. Meski tak sepopuler bunga mawar, namun mengingat makna yang terkandung, bunga ini pantas untuk mendapat tempat di hari bersejarah Anda berdua.

 

7. Bunga Carnation/ Anyelir

Bunga anyelir atau carnation ini dianggap sebagai bunga untuk orang kelahiran January sama seperti halnya batu garnet dan bunga anyelir atau carnation adalah bunga nasional negara spanyol dan digunakan dalam hari-hari spesial seperti hari ibu, parent’s day, hari guru atau pernikahan. Bunga ayelir ini dianggap mengartikan sebagai kekaguman, keindahan, kasih sayang, kebanggaan dan rasa berterima-kasih. Artinya amat beragam tergantung dari warnanya yang bervariasi. Bunga carnation yang berwarna merah dianggap memberi arti sebagai kekaguman sedangkan warna merah gelap artinya kasih sayang yang dalam, warna putih mengartikan cinta yang murni, persahabatan dan keberuntungan. Selain itu bunga anyelir atau carnation yang bergaris2 memberi simbol penyesalan atas cinta yang tak terbalaskan, warna ungu mengartikan ketidaktetapan, merah muda artinya romantis dan cinta yang tak pernah mati.

Bunga Carnation / Anyelir. Bunga anyelir ini menjadi salah satu bunga favorist karena menandakan kasih sayang yang selalu berlimpahan. Bunga ini dapat digunakan sebagai buket pernikahan juga.

 

8. Bunga Tulip

Bunga Tulip memiliki 75 varietas yang berbeda. Beberapa warna umumnya adalah putih, pink, kuning, merah, ungu dan magenta. Bunga tulip melambangkan “Memiliki Cinta”.

Keindahan dan simbolisme dari bunga Tulip menjadikannya elemen penting dalam karangan bunga pernikahan, boutonnieres dan sebagai dekorasi.  Harga bunga ini mahal dan tersedia sepanjang tahun.  Bunga Tulip mekar di musim semi dan sebagian besar spesies memiliki satu bunga per batang.

PADA musim semi, bunga yang pertama kali tumbuh adalah bunga tulip. Bunga khas Belanda yang ber-layer ini paling bagus untuk dipetik di sepanjang bulan Maret sampai Mei. Jika resepsi pernikahan Anda akan dilangsungkan di bulan tersebut, bunga tulip bisa menjadi pilihan buket bunga pengantin yang sempurna.

Banyak dari Anda mungkin tahu bahwa tulip paling dikenal dengan warna-warna pastelnya, begitupun yang tersedia di toko bunga Jakarta maupun toko bunga online. Ada banyak varietas bunga tulip yang unik. Dari varietas tulip yang umum seperti Big Smile dan Mento yang mempunyai warna putih, merah tua dan ungu sampai varietas Parrot yang dikenal dengan ujung kelopaknya yang berenda, varietas Parrot tulip terdapat dalam berbagai macam warna yang bisa disesuaikan dengan tema resepsi pernikahan Anda.

Varietas bunga tulip lainnya yang tidak kalah menarik adalah Double Bloom tulip yang mirip sekali dengan bunga peony lalu ada lagi Fringed tulip, bunga tulip dengan ujung kelopak yang berumbai yang bisa menambahkan tekstur pada buket bunga pengantin Anda. Angelique tulip yang mempunyai kelopak lebih banyak dan berwarna merah muda yang cantik akan membuat rangkaian bunga pengantin Anda menjadi lebih penuh dan bervolume.

Pilihan klasik bagi pengantin adalah warna bunga serba putih dengan campuran bunga tulip, peony dan clematis. Untuk nuansa bohemian, Anda bisa memilih rangkaian bunga pengantin dengan dominan warna merah dan ungu dengan campuran beberapa macam bunga yang sedang musim.

Banyak pilihan rangkaian buket bunga pengantin yang memakai bunga tulip untuk menyesuaikan dengan tema resepsi pernikahan Anda. Bagi Anda yang ingin tampil elegan dan klasik, Anda bisa memilih warna serba putih, untuk kesan romantis Anda bisa memilih rangkaian warna merah muda dengan pilihan varietas tulip Angelique.

Buket monokromatik bunga tulip juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Minta florist jakarta Anda untuk membuat buket dengan bunga tulip warna putih atau ungu. Tulip berwarna ungu memiliki simbol loyalitas, semakin gelap warna ungu berarti semakin kuat cinta yang terdapat pada sepasang pengantin. Warna bunga tulip ungu juga akan terlihat cerah dan menarik perhatian. Sedangkan warna putih melambangkan kemurnian dan kesucian cinta, warna buket bunga tulip putih akan terlihat lembut dan berbaur sempurna dengan gaun pengantin berwarna senada.

9. Baby’s Breath

Awal tahun 1990-an, baby breath selalu menjadi pilihan para florist untuk diselipkan di antara bunga lainnya dalam buket bunga. Rasanya kurang lengkap tanpa keberadaan baby breath pada setiap buket bunga. Selain dijadikan tambahan dalam buket bunga, baby breath juga sering ditemukan sebagai dekorasi dalam vas di atas meja saat acara pernikahan. Ia juga populer dijadikan mahkota bunga yang disematkan di sela-sela rambut wanita.

Banyak orang yang mengagumi bunga ini tanpa tahu makna dibaliknya. Berikut arti dan makna bunga baby breath:

  • Bunga berwarna putih kecil-kecil ini melambangkan cinta abadi. Tidak hanya untuk pasangan kekasih tetapi juga keluarga dan sahabat.
  • Melambangkan kemurnian dan kebebasan dari pengaruh luar dan lahirnya seroang bayi baik laki-laki maupun perempuan.
  • Bunganya yang putih kecil mewakili perasaan tulus dan murni yang harus dimiliki sepasang pengantin saat upacara pernikahan.
  • Selain sebagai lambang pernikahan, baby breath secara tradisional juga diberikan kepada ibu, setidaknya terdapat satu atau dua tangkai baby breath dalam karangan bunga tersebut.
  • Warna pink digunakan dalam merayakan kelahiran bayi perempuan atau digunakan untuk mengirim pesan kepada orang yang disukai sebagai isyarat kekaguman.
  • Warna kuning membawa makna cahaya dan sukacita, sering juga digunakan dalam dekorasi pengantin dan bunga potong dalam ruangan.

Dari semua contoh bunga pernikahan yang disebutkan di atas, toko bunga online Yulika Florist sebagai salah satu toko bunga terbaik di Jakarta menyediakannya untuk Anda. Sebagai calon bride dan calon groom, dapat berbagi wedding dream Anda dengan Yulika Florist. Selain buket bunga wedding, korsase pengantin pria, bunga pengiring wanita, rangkaian bunga meja pengantin, rangkaian bunga meja altar, rangkaian mobil pengantin, bunga papan wedding, toko bunga Yulika Florist juga menyediakan layanan dekorasi pernikahan venue wedding Anda. Tidak hanya dekorasi wedding venue Anda, toko bunga Jakarta – Bali Yulika Florist juga dapat membantu dalam jasa dekorasi bunga sangjit, dekorasi tepay, dekorasi lamaran, dekorasi kamar pengantin, maupun dekorasi lainnya. Hubungi kami untuk detail kebutuhan bunga yang cocok untuk pernikahan Anda. Happy Wedding love birds !

 

Post a Comment

WhatsApp chat