fbpx

Your BEST solution for Flowers, Parcels, and Decorations!
Freshly harvested from our farm & imported directly from other countries

Image Alt

Yulika Florist

Filosofi Bunga Lily dan Maknanya

Bunga lily adalah bunga musim panas dengan nama latin marganya (genus) adalah Lilium. Bunga yang tumbuh dari umbi ini memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar seperti terompet, memiliki putik yang tumbuh seperti korek api, daunnya hijau terang dan ditopang oleh tangkai yang ramping memanjang.

Bunga yang berasal dari Asia Barat dan Mediterania ini tumbuh dengan sangat indah dan memiliki bermacam-macam warna yang menarik, jadi jangan heran jika orang akan betah memandangnya bahkan dalam waktu yang lama. Selain dari bentuknya yang indah, bunga lily rata-rata juga menebarkan aroma wangi yang semerbak.

Sejarah Bunga Lily

Pada tahun 1580 SM, ditemukan gambar bunga lili di sebuah villa di Kret. Bunga-bunga megah ini telah lama berperan dalam mitologi kuno. Berasal dari kata Yunani “Leiron”, (umumnya diasumsikan mengacu pada bunga lily bakung Madonna putih).

Menurut mitos Yunani kuno bunga lili tercipta ketika Dewa Zeus jatuh cinta pada wanita Bumi bernama Alceme dan melahirkan seorang putra yang diberi nama Hercules. Dewa Zeus menginginkan agar Hercules menjadi Dewa seutuhnya, maka Hercules dibawa ke surga untuk disusui oleh Hera, istri Zeus.

Zeus mengira bahwa Hera tidak akan mau menyusui Hercules. Maka Hera dibius hingga tertidur. Saat Hera tertidur, Hercules diletakkan di bawah payudara Hera, tanpa ia sadari ternyata Hera pun menyusui Hercules. Karena efek dari obat bius yang habis, Heran pun kaget dan terbangun dari tidurnya dan tak sengaja melempar Hercules.

Kemudian, air susu pun menyembur ke langit dan ke bumi. Air susu yang menyembur ke langit berubah menjadi bintang yang disebut Galaksi Bima Sakti (Milky Way), sedangkan yang menyembur ke Bumi berubah menjadi bunga lili pertama yang tumbuh di bumi.

Kepercayaan Tentang Bunga Lily

Konon bunga lili sangat dihormati oleh masyarakat Yunani karena berasal dari air Ratu para Dewa.

Seperti bunga mawar, warna pada bunga lili juga mengandung arti.

Bunga lili disebut sebagai simbol bagi orang yang lahir pada bulai Mei.

Kenapa begitu?

Hal ini dikarenakan bunga ini mulai mekar setiap bulan Mei.

Bunga lili putih melambangkan kesucian dan kebijakan, sedangkan lili peru mewakili persahabatan dan pengabdian.

Selain itu, lili berwarna merah muda menandakan kekayaan dan kemakmuran.

Di Indonesia, bunga lili dijadikan lambang dari tanda pengenal Gerakan Pramuka yang terdapat pada pakaian pramuka.

Simbol dari Bunga Lily

Dalam pernikahan kuno Yunani, mempelai wanita mengenakan mahkota bunga lily dan gandum yang melambangkan kemurnian dan kelimpahan. Orang-orang Mesir kuno merayakan bunga lily bakung sebagai simbol kesuburan dan kelahiran kembali.

Namun, dalam budaya Tionghoa, bunga lily bakung adalah pesona keberuntungan. Bunga Lily putih melambangkan kesucian dan kebajikan, bisa juga sebagai simbol kemurnian. Karena varietasnya menjadi populer, mereka membawa serta makna dan simbolisme tambahan.

Bunga lily peru atau Alstroemeria melambangkan persahabatan dan pengabdian, Lily putih melambangkan rasa simpatik, Pink Lily atau lily berwarna merah muda melambangkan kekayaan dan kemakmuran dan Valley Lily melambangkan kerendahan hati.

Sebagai bunga yang selalu dikaitkan dengan kematian atau pemakaman, bunga lily dipercaya mampu mengembalikan kesucian setelah kematian bagi orang-orang yang telah tiada.

Anda bisa memesan bunga lily di toko bunga atau florist Jakarta sekitar rumah Anda atau kunjungi toko bunga online Outerbloom, disana terdapat berbagai macam bunga dan bentuk rangkaian bunga yang menarik.

Makna dari Bunga Lily

1. Bunga Lily Putih

Warna putih selalu diwakilkan atas segala sesuatu yang bersifat suci dan bersih. Sama seperti makna yang terkandung dalam bunga lily putih. Bunga ini dilambangkan sebagai lambang kesucian, kemurnian, ketulusan, kemuliaan, pengabdian juga persahabatan. Salah satu jenis lily yang berwarna putih adalah Casablanca Lily. Bunganya benar-benar melambangkan sesuatu yang suci, bersih dan sangat menawan.

2. Bunga Lily Kuning

Menurut psikologi, warna kuning dapat memberikan kesan dan perasaan bahagia bagi penyukanya. Namun jika berlebihan, juga dapat memberikan perasaan depresi atau tertekan. Tidak jauh dari makana bunga lily yang kuning. Bunga ini ini juga sering dikonotasikan sebagai lambang perasaan bahagia. Namun, juga terkadang diartikan sebagai kepalsuan dan kebohongan. Salah satu jenis lily yang berwarna kuning adalah bunga daylily kuning atau dalam bahasa Inggris disebut yellow daylily. Warnanya yang terang menjadikan bunga lily kuning sebagi simbol kebahagiaan.

3. Bunga Lily Merah

Bunga lily merah dikenal sebagai lambang kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah. Seperti yang dikatakan dalam ilmu psikologi, warna merah selalu dilambangkan sebagai sumber kekuatan, gairah yang membuncah, dan energi yang besar. Itulah yang mendasari bunga lily merah dikonotasikan sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran. Karena dari kekuatan, gairah juga energi yang besar menggambarkan kemakmuran juga kekayaan yang berlimpah ruah. Kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah merupakan lambang dari lily merah.

4. Bunga Lily Orange

Lily berwarna orange dilambangkan sebagai kesombongan. Lily orange dikenal sebagai lambang kebencian, kesombongan dan penghinaan. Sebagaimana filosofi warna orange adalah warna yang dapat memberikan semangat, rasa optimis juga percaya diri yang tinggi. Namun jika warna orange itu terlalu dominan atau terlalu banyak maka ditafsirkan sebagai hal negatif. Salah satu jenis lily yang berwarna orange adalah bunga Tawny Daylily atau orange daylily.

 

Dari makna yang tersirat pada bunga lily berdasarkan warnanya tersebut di atas, maka bunga yang paling banyak diburu adalah bunga lily putih. Bunga lily putih sangat populer dikalangan muda mudi yang sedang jatuh cinta. Makanya, lily putih ini sangat laku dipasaran pada hari kasih sayang seperti hari valentine. Selain itu, untuk pasangan yang akan menikah, biasanya sang pria akan menggunakan bunga lily putih sebagai salah satu properti untuk menyatakan lamaran kepada wanitanya. Selain memberikan kesan romantis, hal ini melambangkan adanya perasaan yang tulus dan cinta suci yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata namun dapat diwakili oleh keberadaan bunga lily putih tersebut. Bunga Calla lily biasanya digunakan sebagai bunga buket pengantin yang mencerminkan unsur elegan dan keanggunan.

 

 

 

Post a Comment

WhatsApp chat